Bab VII Penutup

Bab VII Penutup

BAB VII
PENUTUP

Renstra Badan Pendapatan Daerah Kota Padang Tahun 2017-2019 merupakan dokumen perencanaan program dan kegiatan yang disusun dengan mempertimbangkan RPJMD Kota Padang Tahun 2015-2019. Penyusunan Renstra ini melibatkan seluruh jajaranorganisasi dengan harapan bahwa Renstra ini dapat diimplementasikan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Renstra ini merupakan upaya menggali berbagai potensi sumber daya yang ada dan memperkuat pencapaian Visi Kota Padang. Untuk menjamin keberhasilan dalam pelaksanaannya perlu segera melaksanakan konsolidasi kedalam sehingga timbul persepsi yang sama dalam mengaktualisasikan pada bidang tugas masing-masing unit organisasi.

Sesuai reformasi pengelolaan keuangan negara, daerah otonom memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggali sumber-sumber keuangan sendiri, serta mengelola dan menggunakan keuangan yang dimiliki untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Ketergantungan kepada bantuan pusat idealnya seminimal mungkin, sehingga PAD khususnya pajak dan retribusi daerah harus menjadi bagian sumber keuangan terbesar.
Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, maka Bapenda Kota Padang menggunakan beberapa strategi dan kebijakan, antara lain :

  1. Meningkatkan Potensi Perpajakan :
    a) Melakukan pendataan Wajib Pajak Daerah dalam rangka pemutakhiran data dan menjaring Objek Pajak baru.
    b) Melakukan pemutakhiran data individual untuk 3 (tiga) Kecamatan.
    c) Melakukan pemungutan pajak ke kecamatan-kecamatan menggunakan Mobil Pelayanan Pajak Daerah.
    d) Melakukan penagihan tunggakan pajak daerah.
    e) Menyusun dan memperbaharui peraturan perpajakan daerah.
    f) Membuat kelompok kerja untuk 5 wilayah.
    g) Menempatkan petugas Bapenda di BPN untuk meningkatkan pendapatan BPHTB.
    h) Kolektor PBB dibawah Bapenda.
  2. Penyempurnaan system informasi teknologi :
    a) Melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka kegiatan system integrasi pajak daerah melalui aplikasi elektronik poin of sale (e-POS).
    b) Melakukan pengembangan aplikasi untuk mengintegrasikan Hotel dengan Bapenda melalui aplikasi e-HIS (electronic hotel information system).
    c) Melakukan pengembangan Sistem Online Pajak Daerah (SOPD).
    d) Melakukan pengembangan peta SIG PBB sehingga petugas dapat mengetahui lokasi Objek PBB dengan mudah.
    e) Melakukan pengembangan SMS Gateway untuk PBB, dimana WP dapat mengetahui informasi pajak tahun berjalan dan pajak terhutang.
  3. Perbaikan kualitas petugas pajak :
    a) Mengadakan bimtek terhadap petugas pajak.
  4. Meningkatkan kepatuhan wajib pajak :
    a) Sosialisasi dan penyuluhan media eletronik, media massa dan media luar ruang.
    b) Melakukan pemasangan stiker dan plang bagi wajib pajak yang menunggak.

 

KEPALA,

 

ADIB ALFIKRI, SE, M.Si
NIP. 19730413 199703 1 001

Leave a Reply