Bab V – Rencana Program

Bab V – Rencana Program

BAB V

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA,

KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF

 

Program adalah instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah/lembaga untuk mencapai sasaran dan tujuan serta memperoleh alokasi anggaran, atau kegiatan masyarakat yang dikoordinasikan oleh instansi pemerintah. Program/kegiatan OPD adalah sekumpulan rencana kerja suatu OPD, dimana perumusan program dan kegiatan sesuai dengan prioritas dan sasaran pembangunan tahun yang direncanakan berdasarkan tingkat urgensi dan relevansinya, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengatasi isu-isu penting terkait penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi OPD dalam pembangunan daerah. Dengan demikian, program merupakan kumpulan kegiatan-kegiatan yang sistematis dan terpadu guna mencapai sasaran  dan tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan untuk merealisasikan program yang telah ditetapkan dan merupakan cerminan dari strategi konkrit untuk mencapai tujuan dan sasaran.

Sebagai perwujudan dari beberapa kebijakan dan strategi dalam rangka mencapai setiap tujuan strategisnya, maka langkah operasionalnya harus dituangkan kedalam program dan kegiatan. Untuk itu, Bapenda Kota Padang telah menyusun berbagai program dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah umumnya, dan peningkatan pajak daerah khususnya. Penyusunan program tersebut mempertimbangkan kebijakan, sumber daya organisasi, dan sinkron dengan fungsi organisasi. Penjabaran dari program kerja ini dalam bentuk kegiatan, yang disusun secara tahunan dapat dilihat sebagai berikut:

Misi I: Mewujudkan  Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah Yang  Transparan Dan Akuntabel
Meningkatkan potensi PAD Meningkatnya penerimaan PAD 1 Program Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah
a Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Pendapatan Daerah
b Sosialisasi dan Penyuluhan Pajak
c. Pemetaan Pajak Reklame
d. Penyusunan Ranperda Perpajakan Daerah
e. Pelayanan dan Informasi Pendapatan
e. Penertiban dan Pembongkaran Reklame di Kota Padang
f. Kajian Potensi Pajak Daerah
g. Kajian Potensi Retribusi Daerah
h. Monitoring dan Evaluasi Pajak/Retribusi
i. Pemutakhiran data PBB
j. Operasional pelaksanaan PBB
k. Penghapusan piutang pajak
l. Pemutahiran data Pajak Daerah
m. Intensifikasi Pajak Daerah
n. Validasi piutang PBB
o. Sosialisasi dan penyuluhan Pajak Daerah
p. Pengawasan Pajak Daerah
q. Penyediaan sarana Pajak On line
r. Penyusunan SOP Pajak Daerah
s. Kajian Optimalisasi Pajak Daerah melalui peningkatan Tingkat kepatuhan Wajib Pajak
t. Pengendalian Pelanggaran Pajak/Retribusi Daerah
u. Percepatan penerimaan PBB P2
v. Sertifikasi/Akreditasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 :2008 Pelayanan Pajak Daerah Kota Padang
Misi II: Mewujudkan Kemampuan Pelayanan Prima Terhadap Mitra Internal Dan Eksternal Bapenda
Terwujudnya pelayanan yang transparan, akuntabel, efisien, dan efektif Mewujudkan pelayanan pajak yang transparan dan efektif 2 Program Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi
a. Pengembangan Sistem Pajak On-Line dan Implementasi
b. Pengembangan Sistem Pajak On line SIMPBB dan BPHTB
 c. Pemeliharaan Jaringan Aplikasi
d. Pengembangan Website
Meningkatkan akuntabilitas keuangan, kualitas administrasi keuangan, administrasi perkantoran dan pelayanan internal 3 Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
a. Penyediaan Jasa Surat Menyurat
b. Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya, Air dan Listrik
c. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional
d. Penyediaan Jasa/Alat Kebersihan Kantor
e. Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja
f. Penyediaan Alat Tulis Kantor
g. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
h. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor
i. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
j. Penyediaan Peralatan Rumah Tangga
k. Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan
l. Penyediaan Makanan dan Minuman
m. Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar Daerah
n. Penyediaan alat kebersihan
o. Penyediaan Jasa Pelayanan Publik
p. Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran
q. Penataan arsip
4 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
a. Pengadaan Meubeler
b. Pemeliharaan Rutin /Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional
c. Rehab sedang/berat  Gedung Kantor
d. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor
e. Penyediaan Jasa Perkantoran
f. Pengadaan Kendaraan bermotor
5 Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
a. Pelatihan Teknis Keuangan Daerah dan Implementasi Peraturan Perundangan
b. Pengembangan Sumber Daya Aparatur
6 Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
a. Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja OPD

Leave a Reply