Terobosan Baru, Bapenda Padang Munculkan Sistem Online BPHTB

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang akan menerapkan sistem Online, Terintegrasi dan Terpadu (OTT) untuk jenis pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Diterapkannya sistem OTT tersebut sebagai upaya Bapenda Padang untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui BPHTB.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan pajak BPHTB dan juga memudahkan Bapenda Padang untuk mengelola data BPHTB,” ujar Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Informasi Bapenda Padang, Ir. Akmal, M.Si pada KLIKPOSITIF.

Ia mengatakan, selama ini masyarakat melakukan urusan untuk BPHTB langsung ke kantor Bapenda Padang. Terkadang urusan mereka tidak bisa selesai dalam sehari karena tim Bapenda Padang yang mengurus BPHTB tidak terlalu banyak, sehingga itu membuat masyarakat tidak merasa puas sepenuhnya.

“Jika OTT BPHTB ini berhasil kita launching, maka Kota Padang akan menjadi satu-satunya daerah ynag menggunakan sistem online dalam urusan pelayanan dan pembayaran BPHTB di Indonesia,” katanya.

Akmal menjelaskan, OTT BPHTB ini akan berupa aplikasi, sama dengan aplikasi pembayaran pajak daerah lainnya yakni SISMIOP dan SOPD. Pembuatan aplikasi inipun bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan Bapenda Padang untuk kemudahan berbagai urusan pajak BPHTB.

“Kami mencoba untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang mana teknologi merupakan hal yang saat ini paling banyak diminati masyarakat. Dan juga, aplikasi itu akan membuat efisien waktu dan tenaga Bapenda Padang ataupun masyarakat wajib pajak BPHTB,” tuturnya.

Aplikasi ini, lanjutnya, rencananya akan dikerjakan dalam waktu 3 bulan. Akmal dan tim akan berusaha untuk mengejar target waktu pembuatan aplikasi itu sehingga bisa segera digunakan oleh masyarakat.

Di sisi lain, Kasubid Sistem Informasi Pendapatan Daerah Bapenda Padang, Budi Kurniawan mengatakan, ia sebagai salah seorang tim yang akan membuat sistem OTT BPHTB akan berusaha sebaik-baiknya dalam mengerjakannya.

“Saya dan anggota tim lainnya, akan berusaha sebaik-baiknya dan sesegera mungkin untuk mengerjakan aplikasi ini. Karena saya tahu ini bukan hanya kebutuhan Bapenda Padang, tapi kebutuhan masyarakat juga,” katanya.

Sumber : KLIKPOSITIF